Cegah Polarisasi Politik Pemilu 2024, Jaringan Gusdurian Gelar Rakernas

Asuransi144 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Jaringan Gusdurian tersebar di seluruh wilayah Indonesia, akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Wisma Hijau, Depok, Jawa Barat mulai 24-26 November 2023. Pelaksanaanya sekaligus menyikapi situasi politik dan demokrasi menjelang pemilihan umum (Pemilu) serentak pada 14 Februari 2024.

Koordinator Sekretariat Nasional Jaringan Gusdurian Jay Ahmad mengatakan, Rakernas kali ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya karena berdekatan dengan pesta demokrasi Pilpres dan Pilkada secara serentak akan dilaksanakan di 548 daerah di Indonesia.

Berkaca pada pemilu sebelumnya, Jay melihat masyarakat Indonesia rentan terpecah belah akibat politik identitas demi politik elektoral, seperti pada Pemilkada Jakarta 2017 dan Pemilu Presiden 2019.

Jay menengarai, pada Pemilu 2024 nanti penggunaan politik identitas sangat mungkin terjadi. Para elite yang berkontestasi berpotensi akan memainkan narasi-narasi negatif.

“Jadi di Rakernas Jaringan GUSDURian, semua akan kita bahas, agar masyarakat tidak bingung, dan tercipta pemilu yang damai dan bermartabat,” kata Jay dalam keterangannya, Kamis (23/11/2023).

Melihat situasi politik jelang pesta demokrasi, jaringan Gusdurian perlu memperkuat agenda gerakan untuk merespons persoalan yang terjadi di masyarakat, dari kebebasan beragama dan berkeyakinan, keadilan ekologi, serta situasi politik dan demokrasi.

“Hasilnya akan menjadi rujukan dan panduan bagi seluruh elemen dalam Jaringan Gusdurian di seluruh Indonesia dan luar negeri,” ucap Jay.

Jaringqn Gusdurian sebagai gerakan sosial, menerapkan kerangka kerjanya berbasis sembilan nilai utama Gus Dur seperti kemanusiaan dan kesetaraan.

Rakernas tersebut akan diikuti seluruh individu, direktur lembaga, dan koordinator komunitas Gusdurian. Mereka tergabung tersebar di 150 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. (dan)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Mentan Amran Berterimakasih, Presiden Tambah Anggaran Pupuk Subsidi 14 T

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *