Tunjang Layanan RS AKA Sribhawonno, Samudera Peduli Bersama Dompet Dhuafa Resmikan Ruang Isolasi dan Rawat Inap

Asuransi44 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Ruang Isolasi & Rawat Inap menjadi komponen penting dalam ekosistem rumah sakit agar pelayanan kesehatan dapat beroperasi secara komprehensif. Menunjang pelayanan kesehatan, pada Rabu (20/12/2023), Dompet Dhuafa bersama Samudera Peduli meresmikan Ruang Isolasi & Rawat Inap di Rumah Sakit (RS) AKA Medika Sribhawono, Lampung Timur, Lampung.

“Kami bersyukur atas kehadirannya Samudera Peduli atas bantuan ruang inap dan ruang isolasi untuk RS. AKA Medika Sribhawono.Dompet Dhuafa berikhtiar untuk mengoptimalisasikan dana yang kami himpun untuk membangun Rumah Sakit untuk para masyarakat dhuafa dengan bergabungnya Samudera Peduli. Mudah – mudahan Dompet Dhuafa dapat semakin diterima oleh masyarakat,” ucap Bobby P. Manulang selaku General Manager Wakaf Dompet Dhuafa.

Pada Bulan Mei 2023 Dompet Dhuafa menerima Dana corporate social responsibility (CSR) dari Samudera Peduli untuk disalurkan ke RS. AKA Medika Sribhawono Lampung Timur. Dana yang diterima tersebut direalisasikan untuk Renovasi Pembangunan Ruang Isolasi, dan 2 ruang rawat inap. Terhitung sejak bulan Mei – Desember 2023 proses renovasi dan pembangunan telah terealisasi 100%.

RS Aka Medika Sribhawono yang dibangun pada lahan seluas 8.000 meter persegi ini memiliki 102 tempat tidur pasien rawat inap biasa dan intensif. Setiap bulannya, RS ini dikunjungi oleh sekitar 1.500 sampai 1.700 pasien. Sebanyak 35 persen sampai 40 persen pasien dari jumlah tersebut umumnya harus menjalani rawat inap.

“Terima kasih dan apresiasi yang setingginya kami ucapkan untuk Samudera Peduli untuk bantuannya. Sehingga kami dapat terus bermanfaat bagi masyarakat. Rs Aka Medika Sribhawono baru saja akreditasi dan mendapatkan nilai terbaik yakni paripurna,”ucap Erwin Mukhtaruddin selalu Direktur Pengembangan Bisnis DD Medika.

Hingga saat ini, RS AKA Medika Sribhawono menjadi rujukan banyak Puskesmas dan klinik umum bukan saja di Kecamatan Sribhawono, tetapi juga dari daerah-daerah yang berbatasan dengan Kecamatan Sribhawono. Sejak ditetapkan menjadi RS Umum Tipe C pada tahun 2017 dan telah bergabung dalam pelayanan BPJS, saat ini RS AKA Medika memilik 105 kamar rawat inap yang terdiri dari kelas 1, kelas 2, kelas 3 dan VIP, serta dibantu oleh 10 orang tenaga ahli Dokter Spesialis.

Baca Juga  Didukung Para Tokoh Muhammadiyah, Anies Ingin Gerakan Perubahan Semakin Meluas

Ruang Isolasi Rawat Inap diperuntukkan bagi pasien yang telah ditetapkan memilki penyakit yang bisa menular sebagai upaya pencegahan penularan kepada pasien lainnya. sehingga tidak terjadi insiden infeksi nasokomial. Ruangan yang mempunyai kekhususan teknis sebagai ruangan rawat bagi pasien yang membutuhkan perlakuan isolasi yang dikarenakan oleh penyakitnya dan memiliki batasan fisik modular per pasien, dinding serta bukaan pintu dan jendela dengan ruangan ruangan isolasi lain.

Dalam pelaksanaan kelas rawat inap standar dibutuhkan kriteria berdasarkan sarana prasarana yang harus dipenuhi oleh rumah sakit. Saat ini telah ditetapkan kriteria kelas standar yang ditujukan untuk pelayanan rawat inap secara umum. Semua lingkungan perawatan pasien di ruang rawat inap secara umum diupayakan seminimal mungkin kandungan partikel debu, mikroorganisme dan spora.

Dalam melakukan pelayanan kesehatan, RS AKA Medika Sribhawono bertumpu pada rasa kemanusiaan. Rumah sakit ini juga menerima pelayanan secara gratis kepada dhuafa atau warga tak mampu meski belum memiliki BPJS.

RS AKA Medika Sribhawono merupakan rumah sakit kedua yang dikelola oleh Dompet Dhuafa. Rumah sakit ini akan dibiayai dengan skema wakaf produktif dan disubsidi silang dengan dana-dana keagamaan lainnya, yaitu zakaf, infak, dan sedekah. Berbagai macam fasilitas perlengkapan medis modern telah tersedia di rumah sakit ini.

Samudera Peduli telah menyalurkan Donasi Corporate Social Responsibility (Csr ) ke Rs Aka Medika Sribhawono seperti Mesin Anestesi, Ruang Rawat Inap Magnolia dan Camelia, Ruang Isolasi dan Ambulance.

“Samudera Peduli sebagaimana pendiri kami, bahwa beliau seorang pebisnis yang nasionalis. Selain itu beliau juga ingin berkontribusi dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dengan doa kita semua, harapannya yang kami berikan dapat menjadi wasilah dikabulkannya segala urusannya Samudera Peduli.Kami berharap dapat terus dilanjutkan untuk program selanjutnya,” ucap Asril Bari selalu Ketua Yayasan Samudera Peduli.

Baca Juga  InJourney Group Hadirkan Ragam Acara Sambut Nataru

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Sudah berjalan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR.  (adv)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *