Benarkah Supermoon Mempengaruhi Pola dan Kualitas Tidur ?

Berita154 Dilihat

Poptren.suara.com Р Supermoon atau bulan purnama akan terjadi dua kali selama bulan agustus 2023. Pada 1 Agustus 2023 terjadi fenomena Sturgeon Moon atau Bulan Sturgeon dan pada 31 Agustus 2023 akan terjadi Blue Moon atau dinamakan bulan biru.

Manusia kerap menghubungkan terjadinya bulan purnama dengan perilaku yang dinilai tak masuk akal atau aneh sejak zaman Romawi. Selain itu supermoon dan juga bulan purnama dianggap bisa berpengaruh dengan pola maupun kualitas tidur seseorang, bahkan dapat meningkatkan emosi seseorang, serta meningkatkan kejahatan.

Banyak yang mengungkapkan kalau tak ada bukti ilmiah tentang hubungan antara supermoon dan hal-hal tersebut. Peneliti mengungkapkan bahwa satu-satunya hal yang mungkin terjadi adalah masalah kurang tidur. Hanya saja itu pun juga dipengaruhi banyak hal.

Dalam penelitian yang dimuat di Jurnal Current Biology, peserta penelitian menghabiskan waktu 3,5 hari di dalam laboratorium tanpa melihat cahaya luar ataupun jam. Mereka diminta untuk tidur dan bangun sesuai jadwal rutin mereka.

Baca Juga:Marak Kecelakaan di Underpass Kentungan Sleman, Ini Kelemahan Underpass

Mengutip Health, peneliti Swiss yang mengumpulkan data dari 33 orang dan membandingkannya dengan data dari 33 orang dan membandingkannya dengan pola tidur saat supermoon.

Mereka menemukan bahwa empat hari sebelum dan sesudah bulan penuh, peserta mengalami penurunan tidur lelap sampai 30 persen. Penelitian juga menemukan bahwa peserta memiliki hormon melatonin yang rendah.

Mengutip Coach, hal ini juga disebabkan oleh adanya hipotesis gravitasi. Tubuh manusia terdiri dari 55-60 persen air. Sama seperti lautan, bulan juga memengaruhi tubuh manusia.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Sebentar Lagi Threads Akan Hadir Versi Web

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *