Ericsson dan Telkomsel Perkuat Jaringan 5G

Berita138 Dilihat

JAKARTA, SELULAR.ID – PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) dan Ericsson mengumumkan kemitraan terbaru untuk mengembangkan dan memperkuat jaringan 4G hingga 5G mereka di Indonesia.

Ericsson telah menyediakan konektivitas, menerapkan produk dan solusi Jaringan Akses Radio (RAN) 5G yang hemat daya dari Ericsson Radio System.

Mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Tengah dan Barat, serta bagian timur Kalimantan termasuk Ibu Kota Negara (Nusantara) sejak tahun 2021.

Kemudian untuk segmen B2B (Business-to -Business), konektivitas 5G untuk industri telah Ericsson implementasikan di salah satu perusahaan manufaktur terkemuka di Batam sejak tahun 2021.

– Advertisement –

TONTON JUGA:

Direktur Network Telkomsel Nugroho menyatakan Telkomsel menyambut baik pembaruan kemitraan dengan Ericsson untuk penyediaan konektivitas jaringan 4G hingga 5G.

Baca juga: Ericsson Pamerkan Teknologi 5G Terbarunya, Prediksi Ada 1,5 Miliar Pengguna

“Jaringan 4G hingga 5G yang makin meningkat akan mendukung upaya Telkomsel mewujudkan pengembangan layanan bagi segmen B2B maupun B2C, terutama untuk penguatan inisiatif Industri 4.0, penguatan smart city,” ujar Nugroho

“Serta membawa manfaat yang lebih besar bagi konsumen dan lintas sektor industri di Indonesia.”

“Dengan penggelaran jaringan 5G Telkomsel yang terukur dan bertahap, kami terus membuka lebih banyak potensi kemajuan dan bersama jadi yang terdepan mengakselerasikan adopsi gaya hidup digital yang semakin inklusif dan berkelanjutan,” sambungnya.

Ericsson memperkuat jaringan Telkomsel dengan radio Massive MIMO AIR3219 ultra-lightweight yang hemat energi, yang akan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan 5G dan Fixed Wireless Access & Convergence (FWA/FMC) di masa depan.

Jerry Soper, Presiden Ericsson Indonesia, mengatakan sangat senang dapat memperbaharui dan memperkuat kemitraan kami dengan Telkomsel dalam jejak radio footprint kami yang sudah ada di Indonesia.

Baca Juga  Pendapatan Telkom H1-2023 Tumbuh 2,1%: IndiHome Naik 4%, Telkomsel 7,4%

“Radio multi-band dan Massive MIMO generasi terbaru kami seperti AIR 3219, dan baseband yang sedang digunakan dalam jaringan, dapat membantu Telkomsel mengurangi konsumsi energi dan secara signifikan menurunkan biaya energi serta total biaya kepemilikan mereka di masa mendatang,” ungkapnya.

Solusi Massive MIMO generasi terbaru dari Ericsson telah berkembang dengan tujuan untuk dapat menjadi solusi dengan penggunaan energi yang paling efisien serta ukuran dan berat yang sekecil mungkin.

Ericsson saat ini mengelola 147 jaringan 5G yang beroperasi di 63 pasar di seluruh dunia.

Kepemimpinan 5G Ericsson telah laporan-laporan penting analis independen akui.

Misalnya, Gartner 5G Magic Quadrant 2023, (tiga tahun berturut-turut) dan Frost Radar Global 5G Infrastructure.

Ericsson juga meraih posisi nomor 1 dalam laporan ABI Research terbaru tentang keberlanjutan vendor telekomunikasi.

“Selain pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pelanggan Telkomsel – yang mencakup kecepatan sangat tinggi, latensi rendah, dan kemampuan penanganan data yang besar – produk dan solusi jaringan 5G Ericsson juga akan memungkinkan Telkomsel untuk menerapkan kasus-kasus penggunaan baru yang inovatif bersama dengan pelanggan yang berbasis perusahaan dan industri,” tambah Jerry.

Ericsson dan Telkomsel mengumumkan kemitraan baru mereka pada acara Ericsson Imagine Live yang berlangsung di Jakarta hari Selasa (8/8/2023).

Ericsson Imagine Live merupakan ajang unjuk gigi dari inovasi-inovasi terbaru dan demo teknologi yang sebelumnya telah perusahaan pamerkan pada acara Mobile World Congress (MWC) 2023 di Barcelona.

Demo teknologi tersebut mencakup topik-topik utama termasuk evolusi jaringan, menangkap peluang bisnis baru dengan 5G, inovasi start-up, dan inisiatif transformasi digital perusahaan-perusahaan dari seluruh dunia.

Dengan kehadirannya di Indonesia selama 116 tahun, Ericsson telah memainkan peran penting dalam mendukung hampir semua aspek telekomunikasi di negara ini – menyediakan konektivitas di seluruh jaringan 2G, 3G, 4G, dan sekarang 5G.

Baca Juga  The Inspiring Journey of BTS Jimin Video Tiktok

Baca juga: Sempat Menuai Polemik, Ericsson Memulai Produksi Peralatan 5G di Malaysia

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *