Keunggulan ATM Bank Ekonomi yang Perlu Anda Ketahui

Berita, Bisnis387 Dilihat

Bank Ekonomi Bergabung dengan Jaringan ATM Bersama

Keunggulan ATM Bank Ekonomi yang Perlu Anda Ketahui. Bank Ekonomi bergabung dengan jaringan ATM bersama untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. Dengan bergabungnya Bank Ekonomi ke dalam jaringan ATM bersama, nasabah dapat melakukan penarikan tunai dan transfer antar bank tanpa harus datang ke cabang Bank Ekonomi.

Melalui jaringan ATM Bersama, nasabah Bank Ekonomi juga dapat melakukan berbagai jenis transaksi seperti cek saldo rekening, pembayaran tagihan listrik maupun telepon serta pembelian pulsa. Hal ini tentunya sangat efektif karena tidak perlu repot-repot mengunjungi kantor cabang Bank Ekonomi.

Selain itu, ketersediaan mesin ATM pada umumnya lebih banyak dibandingkan kantor cabang bank yang terbatas di beberapa wilayah saja. Sehingga semakin mudah bagi para nasabah untuk menemukan mesin ATM yang berada di dekat lokasi mereka tinggal atau bekerja.

Dalam rangka meningkatkan layanan kepada masyarakat, Bank Ekonomi menghadirkan fitur kartu debit Visa Electron dengan fungsi EDC (Electronic Data Capture) sehingga dapat digunakan di seluruh merchant Visa di Indonesia bahkan luar negeri. Dengan begitu, para pengguna debit card dari Bank ekonomi memiliki kemampuan untuk memenuhi segala macam kebutuhan belanja mereka secara online ataupun offline.

Secara keseluruhan, gabungan layanan dari kartu debit dan akses melalui jaringan atm bersama menjadikan aktivitas perbanking Anda menjadi lebih mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa adanya kendala apapun.

Apa Itu ATM Bersama?

ATM Bersama adalah jaringan ATM yang terdiri dari beberapa bank di Indonesia, termasuk Bank Ekonomi. Jaringan ini memungkinkan nasabah dari salah satu bank yang tergabung dalam ATM Bersama untuk menggunakan mesin ATM lainnya tanpa dikenakan biaya tambahan.

Dalam hal ini, jika Anda memiliki rekening di Bank Ekonomi dan ingin melakukan transaksi di mesin ATM yang bukan milik Bank Ekonomi, Anda dapat mencari mesin ATM dengan logo “ATM Bersama” dan langsung menggunakan kartu debit atau kredit Anda seperti biasa.

Hal ini tentunya memberikan kemudahan bagi para nasabah karena tidak perlu repot-repot mencari mesin ATM dari bank tempat mereka membuka rekening ketika kebetulan sedang berada jauh dari lokasi tersebut.

Namun perlu diingat bahwa penggunaan layanan ATM Bersama juga harus dilakukan dengan hati-hati. Pastikan selalu menghindari tindakan-tindakan yang dapat membahayakan keselamatan dan keamanan finansial Anda saat menggunakan mesin ATM.

Untuk mengetahui lebih detail tentang cara aman menggunakan layanan ATM Bersama Bank Ekonomi, pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk-petunjuk yang tersedia pada mesin tersebut serta menghindari penggunaan pada waktu-waktu tertentu seperti malam hari atau daerah-daerah terpencil demi menjaga keamanannya.

Baca Juga  Hasil MotoGP Austria: Francesco Bagnaia Juara, Brad Binder Runner-up

Keuntungan Menggunakan ATM Bank Ekonomi

Keuntungan Menggunakan ATM Bank Ekonomi

ATM Bank Ekonomi menghadirkan berbagai keuntungan bagi nasabahnya. Pertama-tama, dengan menggunakan ATM Bank Ekonomi, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dan di mana saja tanpa harus datang langsung ke bank.

Tidak hanya itu, dengan bergabung dalam jaringan ATM Bersama, nasabah Bank Ekonomi juga dapat melakukan transaksi di seluruh mesin ATM yang tergabung dalam jaringan tersebut. Hal ini tentu sangat memudahkan bagi mereka yang sering bepergian atau tinggal di daerah yang jauh dari kantor cabang Bank Ekonomi.

Selain itu, penggunaan ATM Bank Ekonomi juga sangat aman karena dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih seperti PIN (Personal Identification Number) dan chip pada kartu debit. Selalu pastikan untuk merubah PIN secara berkala demi menjaga keamanan akun Anda.

Tak hanya itu, penggunaan ATM Bank Ekonomi juga memberikan kemudahan dalam pembayaran tagihan rutin seperti listrik dan telepon melalui fitur pembayaran tagihan otomatis pada mesin ATM. Nasabah pun tidak perlu lagi memiliki banyak waktu untuk membayar tagihan secara manual setiap bulannya.

Dengan segala kemudahan dan keamanannya, tak heran jika semakin banyak masyarakat Indonesia beralih menggunakan layanan perbankan melalui mesin ATM termasuk lewat layanan unggulan dari bank ekonomi yaitu atm bank ekonomi.

Cara Menggunakan ATM Bank Ekonomi

Cara menggunakan ATM Bank Ekonomi sangatlah mudah dan praktis. Pertama, pastikan bahwa Anda telah memiliki kartu ATM Bank Ekonomi yang masih aktif untuk melakukan transaksi.

Kedua, carilah mesin ATM Bank Ekonomi terdekat di sekitar tempat Anda berada. Kemudian, masukkan kartu ATM ke dalam slot yang tersedia pada mesin dengan posisi chip menghadap ke bawah.

Setelah itu, ikuti petunjuk pada layar monitor ATM untuk memasukan nomor PIN (Personal Identification Number) milik Anda. Pastikan agar tidak ada orang lain yang melihat ketika memasukkan PIN tersebut.

Setelah berhasil login, pilihlah jenis transaksi apa yang ingin dilakukan seperti penarikan tunai atau transfer uang antar rekening bank lainnya. Setiap tampilan menu akan selalu disertai dengan instruksi lengkap serta nilai limit transaksi per hari untuk menjaga keamanan nasabah.

Jangan lupa ambil bukti struk dari mesin sebagai bukti transaksi berhasil dilakukan. Jangan meninggalkan lokasi mesin ATM sebelum seluruh proses pengambilan uang usai dan pastikan tidak ada barang-barang ataupun uang tertinggal di sana.

Dalam menggunakan layanan mesin atm ini penting bagi kita untuk mengetahui beberapa tips aman dan benar saat bertransaksi demi menghindari hal-hal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain akibat ulah oknum pelaku kriminalitas jalanan atau pencurian data secara online saat melakukan aktivitas finansial lewat internet banking baik melalui komputer PC ataupun handphone pintar smartphone android/iphone/iOS.

Baca Juga  Kominfo Dukung Langkah Polri Shutdown Ponsel dengan IMEI Ilegal

Tips Menghindari Kejahatan di ATM Bank Ekonomi

Ketika menggunakan ATM Bank Ekonomi, penting bagi kita untuk selalu waspada dan mengambil tindakan pencegahan agar terhindar dari kejahatan seperti pencurian kartu dan pembobolan rekening. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam menghindari kejahatan di ATM Bank Ekonomi.

1. Jangan Memberikan PIN atau Informasi Pribadi pada Orang Lain
Jaga kerahasiaan personal identification number (PIN) Anda dengan baik. Hindari memberitahu orang lain tentang PIN atau informasi pribadi lainnya seperti tanggal lahir dan nomor rekening.

2. Periksa Lingkungan Sekitar Sebelum Menggunakan Mesin ATM
Selalu perhatikan lingkungan sekitar mesin ATM sebelum memasukkan kartu kredit atau debit Anda. Pastikan tidak ada orang yang mencurigakan atau alat-alat elektronik ilegal seperti skimmer dipasang pada mesin itu.

3. Gunakan Mesin ATM di Tempat yang Aman
Pastikan mesin ATM yang digunakan berada di tempat umum, terang benderang serta aman dari gangguan visual maupun fisik sebab hal ini akan membuat pelaku kriminal enggan melakukan aksinya.

4. Pastikan Tidak Ada Transaksi Lain Setelah Penutupan Sesi
Setelah menyelesaikan transaksi, pastikan bahwa layar gagal mencantumkan pesan-pesan tambahan transaksi lainnya karena kondisi tersebut bisa jadi merupakan upaya penipuan oleh pelaku kriminal.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, Anda dapat meningkatkan keselamatan dan merasa lebih nyaman saat menggunakan mesin ATM Bank Ekonomi tanpa khawatir tentang kejahatan di ATM.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, keunggulan ATM Bank Ekonomi adalah bergabung dengan jaringan ATM bersama yang memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi di mana saja. Selain itu, penggunaan ATM Bank Ekonomi juga memberikan beberapa keuntungan seperti biaya administrasi dan tarif transfer yang terjangkau.

Namun demikian, tetap perlu hati-hati dalam menggunakan layanan ini agar terhindar dari kejahatan seperti skimming atau phising. Pastikan selalu menjaga kerahasiaan data pribadi dan nomor PIN Anda.

Untuk informasi lainnya: alvanews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *