Smartphone Sekarang Kok Mahal? Ini Faktor Yang Dirasa Vendor

Berita176 Dilihat

Selular.ID – Beberapa vendor smartphone mengakui bahwa memang adanya faktor yang membuat harga smartphone saat ini lebih mahal.

Sadar tidak para pengguna smartphone melihat di pasaran sekarang harga smartphone sudah lebih mahal dari sebelumnya, karena melansir dari Kontan.co.id kelas smartphone dibagi menjadi 4,

Entry level yaitu dikisaran harga Rp 800 ribu hingga Rp 1,5 juta. lalu kelas Mid-range di harga Rp 2 jutaan hingga Rp 3 jutaan, ketiga High end dikisaran Rp 5 jutaan, dan kelas flagship pada harga Rp 8 jutaan.

Dan saat ini kelas entry level sudah bisa jadi bukan satu jutaan lagi dan kelas mid-range juga sudah bukan 3 jutaan hingga 5 jutaan, begitu pula seterusnya.

– Advertisement –

Contoh saja dua vendor smartphone yang baru saja mengeluarkan smartphone yakni realme dengan series number, dan Oppo dengan produk Reno series.

Kedua series produk smartphone dari dua vendor tersebut bisa dibilang masuk kedalam jajaran smartphone kelas Mid-range.

Tapi yang ditawarkan dari keduanya ialah dari harga terendah di Rp 5 jutaan dan tertinggi di Rp 10 jutaan. Itu bukan harga smartphone mid-range.

Apalagi kalau melihat vendor lain yang bermain di smartphone kelas flagship, sebut saja iPhone dan Samsung, menjual smartphone flagship nya dengan harga fantastis, dimulai belasan juta hingga puluhan juta rupiah.

Apa yang membuat harga tersebut berubah ? Apa karena inovasi yang diberikan ? Atau memang adanya faktor lain ?

Pertama, mengenai hal ini dijawab oleh Krisva Angnieszca selaku Public Relations Lead realme Indonesia. Ia menjelaskan bahwa yang utama ialah faktor ekonomi yang berubah semenjak pandemi.

“Salah satu faktor ekonomi di Indonesia aku rasa hal tersebut (di range harga berbeda) yang membuatnya berubah. Ini tidak hanya dirasa oleh realme tapi semua pemain (vendor smartphone) merasakan juga. Karena itu sudah menjadi permasalahan bersama di industri smartphone.” Kata Krisva.

Baca Juga  Operator Tumbuh Kerdil, PNBP Kominfo Malah Terus Meningkat Setiap Tahunnya

“Jadi kalau memang di range harga itu berubah “iya” tergantung kondisinya, cuma kalau di realme berusaha setidaknya di harga segitu tidak ada yang kita korbanin, dan setidaknya produk yang kita kasih masih berada di kelasnya.” Jelasnya.

Lain itu Baskoro Adiwiyono selaku Head of Public Relations OPPO Indonesia menjelaskan kalau di perusahaan tidak melihat harga, hanya saja selalu berupaya mendengarkan kebutuhan konsumen.

“OPPO selalu berupaya untuk terus mendengarkan kebutuhan konsumen. Khususnya untuk Reno Series, yang konsumen inginkan adalah teknologi pencitraan kelas flagship yang bisa dijangkau secara luas oleh berbagai kalangan masyarakat.” Kata Baskoro.

Lain itu Baskoro dalam penutup menambahkan “Dalam meluncurkan produk, fokus kami selalu pada formula bagaimana dapat memenuhi kebutuhan pengguna melalui perangkat dengan spesifikasi terbaik dalam rentang harga yang sesuai daya beli segmen konsumen yang dituju.”

Baca juga : 5 Rekomendasi Smartphone Rp 1 Jutaan Di Bulan Agustus 2023

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *